Tutorial Merawat Laptop



Pengguna laptop atau notebook di Indonesia saat ini semakin banyak seiring semakin terjangkaunya harga laptop di pasaran. Seiring itu pula orang sering malakukan kesalahan dalam merawat laptopnya sehingga laptop menjadi rusak. Melalui tulisan ini akan disajikan berbagai tip sederhana dalam merawat dan menghindarkan laptop dari kerusakan dini.
1.       Jangan sembarangan mengunduh software gratis dari internet, terlebih lagi software yang seolah-olah antivirus. Gunakan software yang Anda dapatkan dari paket laptop yang Anda beli. Virus bisa merusak laptop jika Anda sembarangan menggunakan software dari internet. Jika ingin menggunakan software hasil unduh, pastikan Anda sudah scan software tersebut dengan antivirus yang Anda miliki.
2.       Jangan letakkan laptop di lantai. Bila laptop Anda taruh di lantai, kemungkinan laptop untuk terinjak kaki orang atau binatang peliharaan sangatlah besar. Anak kecil akan mengira laptop Anda sebagai mainan dan binatang peliharaan Anda bisa saja merusak bagian-bagian tertentu dari laptop itu. Laptop yang diletakkan di lantai juga cepat kotor karena debu.
3.       Tancapkan ke stabiliser listrik laptop Anda. Jika Anda sedang bekerja di laptop dengan menggunakan listrik (tanpa baterai), sebaiknya gunakan stabiliser yang bisa mencegah terjadinya tegangan listrik tidak stabil ke laptop Anda.
4.       Jangan letakkan benda apapun di antara keyboard dan layar laptop. Orang sering meletakkan kertas di atas keyboard laptop dan kemudian menutup laptopnya. Hal ini sangat berbahaya karena risiko layar akan tergores menjadi sangat besar. Anda tentu tidak ingin mengganti layar laptop hanya gara-gara tergores bukan?
5.       Jangan letakkan laptop Anda pada permukaan yang terlalu empuk. Misalkan laptop Anda letakkan pada sofa yang sangat empuk maka laptop menjadi seakan tenggelam ke dalam sofa. Hal ini berbahaya karena keluarnya panas dari dalam laptop terhambat sehingga menjadikan laptop Anda kepanasan.
6.       Berhati-hatilah ketika membawa laptop dalam tas. Jangan gunakan sembarang tas untuk membawa laptop. Gunakan tas yang khusus digunakan untuk membawanya sehingga benda-benda lain tidak menggoresnya.
7.       Jangan pernah minum atau makan di sekitar laptop, apalagi meletakkan minuman di atasnya. Hal ini sangat berbahaya karena laptop sangat peka terhadap cairan, bila cairan sampai masuk ke dalam keyboard, laptop Anda pasti akan rusak karenanya.
8.       Jangan pernah berusaha untuk membongkar laptop Anda sendiri. Namun jika memang diperlukan pembongkaran maka carilah info-info tentang cara membongkar laptop Anda. Laptop tidaklah seperti radio atau tape recorder biasa. Banyak bagian yang sangat kecil yang dari pabriknya saja sudah dirakit dengan menggunakan presisi robot. Jika Anda ceroboh, laptop Anda bisa semakin parah kerusakannya. Bawalah selalu laptop yang rusak ke dealer atau service center.

Semoga membantu :)