Membuat Daftar Isi pada Microsoft Word

Membuat Daftar Isi (Ms. Office 2003 dan terbaharui)
*Syarat yang harus dipenuhi dalam membuat daftar isi adalah bahwa pengaturan heading telah dilakukan dengan benar sesuai hirarki dokumen yang anda buat. Tanpa pengaturan heading ini, pembuatan daftar isi otomatis tidak dapat anda lakukan.

Masih banyak pengguna Microsoft Word yang belum memahami alur pembuatan daftar isi ini, sehingga mereka membuat daftar isi secara manual dengan memanfaatkan tabulator, dengan pembuatan nomor halaman secara manual pula. Pembuatan daftar isi yang demikian sangat riskan terhadap kekeliruan penomoran halaman yang menjadi referensi daftar isi dokumen. Hal ini dikarenakan daftar isi manual tersebut tidak dapat diupdate secara otomatis, sehingga memerlukan editing manual yang membosankan, tidak efektif dan memakan waktu lama, sebab harus melakukan pemeriksaan halaman-halaman pada dokumen asli secara teliti.

Masih banyaknya pengguna Microsoft Word yang menganggap bahwa daftar isi dapat dibuat setelah semua teks ditulis tanpa mengatur style headingnya. Akibatnya, karena user tidak mendefinisikan heading, maka daftar isipun tidak dapat otomatis keluar dan terbentuk, sehingga harus mendefinisikan heading dari awal dokumen hingga akhir dokumen. Anda dapat membayangkan ketidak-efisienan pekerjaan tersebut apabila ternyata halaman dokumen yang anda kerjakan berjumlah ratusan halaman.

Cara membuat daftar isi adalah (dengan syarat, heading-heading telah terdefinisikan):
  • Tempatkan pointer anda pada halaman tempat daftar isi akan anda tempatkan.
  • Pilih menu Insert>Reference>Index and Tables, dan pilihlah pada tab Table of Contents
  • Anda dapat memilih tiga buah bentuk tab leader. Tab leader adalah titik atau garis yang memisahkan antara tampilan Heading daftar isi dengan halaman referens-nya.
  • Untuk memilih bentuk desain format dari daftar isi, pilihlah pada kotak Format.
  • Pilihlah Show Level yang ingin anda tampilkan. Pemilihan level ini akan mereferensikan hirarki heading yang dapat ditampilkan. 

Anda dapat membuat atau menyisipkan entry untuk dijadikan sebagai tanda field daftar isi. Field ini adalah kumpulan kode yang menginstruksikan Microsoft Word untuk menyisipkan teks, gambar, nomor halaman, dan bahan-bahan lain ke dalam sebuah dokumen secara otomatis. Dengan cara ini anda tidak harus mendefinisikan heading terlebih dahulu untuk ditampilkan pada daftar isi.
Cara membuatnya adalah:
  • Pilihlah teks yang akan anda masukkan ke dalam daftar isi.
  • Tekan Alt+Shift+O sehingga akan muncul kotak dialog Mark Table of Contents Entry.
  • Pilihlah isian default pada Table identifier dan tentukan level hirarki daftar isi yang anda inginkan.
  • Tekan tombol Mark sehingga Word akan memberikan penandaan field pada dokumen tersebut.  
Setelah anda memberikan tanda field tersebut pada masing-masing teks, buatlah daftar isi sebagai berikut:
  • Tempatkan pointer anda pada halaman tempat daftar isi akan anda tempatkan.
  • Pilih menu Insert>Reference>Index and Tables, dan pilihlah pada tab Table of Contents
  • Klik pada tombol Options sehingga akan keluar kotak dialog Table of Contents option. Pada kotak option ini, pilih Table entry field. Hal ini untuk memberikan tanda bahwa entry tersebut merupakan variabel yang digunakan untuk membuat daftar isi sesuai dengan level yang telah didefinisikan
Apabila anda tidak memberikan pilihan pada option ini, maka definisi field anda tidak akan dikenali pada saat anda membuat daftar isi. Apabila anda juga tidak memberikan definisi heading, maka Word tidak akan menemukan field yang digunakan sebagai acuan pembuatan daftar isi, sehingga akan keluar peringatan: Error! No table of contents entries found.