Mengatasi Insert SIM Card pada PDA Dopod 838

Leave a Comment
Diambil dari Majalah PHONE3 Edisi 95
Dengan sedikit pengubahan

PDA phone cukup menjadi primadona para eksekutif, dengan berbagai kemampuan canggih dengan sistem operasi Windows™, menjadikan perangkat ini layak sebagai pendukung aktifitas sehari-hari. Tidak hanya urusan pribadi, berbagai tugas pekerjaan juga dapat diselesaikan dengan fasilitas yang dimilikinya. Segudang kemampuan yang dibenamkan bukan berarti perangkat canggih ini tanpa masalah, salah satunya yaitu permasalahan yang dialami oleh Dopod 838 yaitu Insert SIM Card. Meskipun fungsi utama PDA masih dapat dioperasikan, tapi fungsi telepon tidak akan berfungsi karena PDA ini tidak dapat membaca SIM Card yang dimasukkan ke dalamnya.

Bagaimana cara mengatasinya? Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Langkah awal yang perlu kita cek apakah simcard-nya terjadi kerusakan, karena jika chip pada simcard-nya sudah tidak berfungsi, maka dapat menyebabkan insert simcard dan perlu menggantinya.
  • Bongkar Dopod 838 dengan hati-hati, hingga terlihat papan PCB tempat menempel komponen-komponen ponsel.
  • Kemudian coba kita bersihkan terlebih dahulu konektor simcard dengan menggunakan cairan thiner, selanjutnya kita lakukan pengecekkan jalur pada connector simcardnya dengan menggunakan multitester apakah terjadi putus jalur atau terjadinya short pada v-ref simcard-nya.
  • Langkah selanjutnya kita lakukan pengecekkan pada jalur positif baterai pada simcard yang mengeluarkan voltage baterai sebesar 1,5 volt.
  • Selanjutnya kita ukur jalur v-res pada jalur simcard-nya.
  • Setelah itu kita ukur kembali jalur v-dd dari connector yang menghubungkan ke CPU.
  • Kemudian kita lakukan pengecekkan apakah terjadi short atau konslet pada jalur IC Power-nya, lakukan pengukuran dari connector ke IC Power.
  • Langkah terakhir kita lakukan pemanasan ulang atau rebowling kaki IC bga-nya dengan menggunakan solder uap.
Sekian, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah memberikan komentar...