Membuat FlashDisk aman dari Autorun Virus

Dikutip dari buku Menjadikan Komputer Anda Lebih Istimewa; karya M. Zamakh Syarifani
Dengan sedikit pengubahan; oleh Hofar Ismail

Anda tentu sudah tahu bahwa virus dapat menularkan diri ke komputer lain dengan media flashdisk. Kesal? Sudah pasti! Berikut ini cara ampuh agar virus yang ada di flashdisk tidak dapat menularkan dirinya ke komputer lain.

Penularan virus lewat media flashdisk sebenarnya sangat sederhana. Ketika flashdisk dicolokkan ke dalam port usb, virus akan mengopi dirinya sendiri ke dalam flashdisk dan membuat “autorun.inf” yang kasat mata sehingga tidak dapat dilihat. File inilah yang akan kita edit agar virusnya tidak dapat menjalankan diri di komputer.

Cara yang pertama adalah dengan mengedit secara manual menggunakan notepad atau wordpad. Diasumsikan flashdisk yang dicolokkan ke komputer (yang telah terinfeksi) beralamat “F:\”. Kita akan mencoba membuka file F:\autorun.inf lalu Enter. Notepad akan terbuka secara otomatis dengan beberapa listing program didalamnya. Kita tinggal mengedit program tersebut dengan memblok semua kodenya (Ctrl+A) lalu hapus (Backspace atau Del). Anda bisa membiarkannya kosong dan kemudian tekan Ctrl+S untuk menyimpannya.

Bagaimana jika file tersebut memiliki atribute read-only? Yang jelas kita tidak dapat mengeditnya secara manual. Begini cara penyelesaiannya:
  1. Buka aplikasi Notepad (tempat dimana kita akan menulis program).
  2. Tuliskan list del /a:r f:\autorun.inf lalu Enter.
  3. Langkah selanjutnya adalah tulis list program lagi! List programnya echo terserah tulisan apa >f:\autorun.inf&ettrib +r f:\autorun.inf.
  4. Lalu simpan file tersebut dengan nama tertentu dan path terserah anda, tetapi dengan ekstensi .bath” .
  5. Jalankan file yang baru kita buat tersebut.
  6. Buka Explorer.
  7. Pada bagian Address, tuliskan F:\autorun.inf, lalu tekan Enter maka aplikasi Notepad akan muncul lagi sambil menampilkan beberapa tulisan.
Setelah langkah-langkah tersebut anda lakukan, virus tidak akan dapat menjalankan dirinya di komputer ketika kita mencolokkan flashdisk ke dalam port usb. Tetapi bagaimana jika virus dari komputer yang terinfeksi masih ada di dalam flashdisk? Untuk ini sudah menjadi tugas AntiVirus. Artikel ini hanya memberitahukan cara agar virus tidak menjalar ketika flashdisk dicolokkan ke dalam port usb pada komputer.

Sekian, semoga bermanfaat.